Lampung Timur Sukadana | Wisata Lampung Timur di Sukadana adalah wilayah Sukadana yang merupakan kecamatan atau ibukota dari Lampung Timur. Lampung Timur memberikan informasi wisata yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan dan terbaru guna menyajikan info yang dibutuhkan masyarakat untuk mengetahui apasajakah tempat - tempat yang baru dan siap untuk dijadikan tempat wisata dan reakreasi keluarga.

Lampung Timur

Monday, January 15, 2018

Sejarah Orang Lampung

Sejarah Ulun Lampung





Sejarah Ulun Lmpung

Asal usul suku Lampung adala dari Sekala Berak yaitu sebuah kerajaan yang letaknya didataran Belalau sebelah Selatan danau ranau yang secara administrative kini berada di kabupaten Lampung Barat Danau dataran Sekala Berak inilah suku Lamung menyebar kesegala penjuru dengan mengikuti aliran wai/ sungai putih.Wai Sekampung dan Wai Tulang Bawang beserta anak sungainya hingga meliputi dataran Lampung dan Palembang serta pantai Banten.
Sekala Berak mempunyai makna yang dalam dan sangat penting bagi suku Lampung. Itu melambangkan peradapan, kebudayaan, dan esistensi Lampung itu sendiri. Bukti tentang kemakmuran kerajaan Sekala Berak didapat dari ceritabturun menurun yang disebut Warahan.Warisan sejarah kebudayaan,adat istiadat yang masih dapat kita jumpai seperti: Situs Tambo dan Dalang terdapat di Kenali, Batu Berak dan Sakau.
Kata Lampung itu sendiri terdiri dari berbagai versi: salah satunya adalah berasal dari kata “ anjak Lampung “yang berarti dari ketinggian , ini karena nenek moyang suku Lampung pertama kali bermukim dan menempati dataran tinggi Sekala Berak di lerreng gunung persagi.
Di lereng gunung persagi terdapa seperti batu – batu bekas sebuah kampong atau pekon kuno terdapat bekas kaki, pelataran dan tenpat eksekusi serta prasasti yang terpahat pada batuan , ada pula sebuah batu yang bertarik 966 saka yang terdapat di bunuk Tenuwamaliwa, ternyata telah ada suku batu yang beragam Hindu penghuni dataran Lampung.Di dalam rimba ditemukan parit – parit dan jalan – jalan bekas jaman Hindu, Bahkan pada perkebunan tebu terdapat batu – batu persegi diantaranya terdapat batuan berukuran besar yang merupakan puing candi.
Tafsiran  para ahli purbakala seperti Groenevelt L,C Westernent dan Helfich didalam menghubungkan bukti – bukti memilikki pendapat yang  berbeda namun secara garis besar terdapat benang merah kesamaan dan acuan yang tidak diragukan lagi dalam menganalisa bahwa Sekala Berak merupakan akal bakal suku Lampung.


Share:

0 comments:

Post a Comment